Kamis, 09 Agustus 2012

Trik. Pentingnya Memisahkan File Koneksi

Untuk bisa mengakses database dan tabel di MySQL, kita harus melakukan koneksi terlebih dahulu agar bisa terhubung ke database tersebut.

Sebaiknya skrip untuk melakukan koneksi dibuat tersendiri dalam sebuah file, karena setiap kali kita akan mengolah data di database, maka kita harus selalu melakukan koneksi terlebih dahulu. Disamping itu yang terlebih penting lagi, hal ini biasanya terjadi ketika kita melakukan proses upload di Internet untuk mengonlinekan situs kita, maka biasanya Username dan Password akan ditentukan oleh web hosting (tempat kita meletakkan file-file situs kita). Sekarang coba bayangkan, apabila Anda mempunyai sepuluh file, maka Anda harus mengganti username dan password sebanyak sepuluh kali, gimana kalau seratus file? Alangkah sangat merepotkan. Nah, dengan memisah file koneksi tersendiri dalam sebuah file, maka kita hanya perlu melakukan perubahan username dan passwordnya cukup sekali.

Oke, sekarang mari kita buat file koneksinya sebagai berikut:
Skrip koneksi_bukutamu.php
<?
mysql_connect("localhost","","");
mysql_select_db("bukutamu");
?>
Keterangan skrip :
  • mysql_connect(“hostname”,”username”,”password”);
    Untuk melakukan koneksi ke server database MySQL. Biasanya pada komputer lokal kita belum ada username dan password databasenya, jadi dikosongkan saja menjadi: mysql_connect(“localhost”,””,””);
  • mysql_select_db(“nama_database”);
    Untuk memilih sebuah database, karena tentunya dalam server database MySQL terdapat banyak database, sehingga kita harus memilih salah satu database yang akan kita aktifkan/gunakan, dalam hal ini adalah database bukutamu.
Untuk menyisipkan/memanggil skrip koneksi.php dalam sebuah skrip lainnya, cukup tuliskan:
 include "nama_file";
 Nanti akan kita praktekkan pada trik-trik berikutnya.


Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Nongkrong Bersama 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Nongkrong Bersama